Selasa, 09 Juni 2009

Sinopsis Buku Pengetahuan "“Katakan Kepadaku Mengenai Pengetahuan Umum”

1. Identitas Buku
Judul Asli Buku : Tell Me About ?-General Knowledge
Judul Terjemahan : Katakan Kepadaku Mengenai Pengetahuan Umum?
Penerbit : Quality Press,
Jakarta
Editor : @ Dr. Lyndon Saputra
@ Sigit Suryanto,S.Sos.
Tahun terbit : Di London ( 2002 )
Di Indonesia ( 2006 )
Tebal Buku : 35 Halaman


2. Rangkuman

Katakan Kepadaku Mengenai Pengetahuan Umum ?

Buku yang berjudul “Katakan Kepadaku Mengenai Pengetahuan Umum?” berisi berbagai pengetahuan yang menakjubkan dan jawaban yang mempesona. Tiap-tiap halaman mempunyai topik yang berbeda-beda. Ada 5 subjek kelompok dalam buku ini, yaitu Sejarah dan peristiwa, dunia binatang, dunia tanaman, tubuh manusia, ruang angkasa dan teknologi.
Pada halaman sejarah dan peristiwa kita dapat memperoleh fakta tentang umur fosil yang tertua di dunia. Fosil yang paling tua adalah sisa bakteri berukuran mikroskopis yang diyakini oleh sebagian besar ilmuwan hidup 3 ½ milyar tahun yang lalu. Fosil binatang yang paling tua adalah sisa sia dari invertebrate (binatang tanpa tulang belakang) yang diperkirakan berasal dari masa sekitar 700 juta tahun yang lalu.
Dunia binatang sangatlah luas banyak pengetahuan yang belum kita ketahui dari dunia binatang. Pada umumnya hewan membuat sarang untuk tempat tinggal. Ternyata tawon membuat sarang dari dari kertas dengan mengunyah serat tanaman atau kayu yang suah tua. Tawon menyebarkan kertas dalam lapisan tipis untuk membuat ruangan kecil (sel) tempat dia meletakkan telurnya.
Kemacetan lalu lintas di jalan raya telah meningkatkan waktu perjalanan, dan dapat juga membuat para pengemudi lebih berbahaya. Para ilmuwan dan insinyur mengembangkan sistem pintar untuk menghadapi kemacetan. Jalan paling panjang di dunia yang dapat dijalani menggunakan kendaraan bermotor , dan tidak terhambat macet adalah Jalan Raya Pan – Amerika. Jalan Raya (Highway) ini adalah sebenarnya sistem jalan yang memanjang dan berbelok-belok dari perbatasan Amerika Serikat – Meksiko sampai Cile bagian selatan. Jalan Raya ini juga menghubungkan pantai timur dan barat Amerika Selatan , dan menghubungkan ibukota 17 negara Amerika Latin. Sistem sepanjang 47.516 km (29.525 mil) memberi dampak positif bagi perekonomian Amerika Latin. Jalan Raya Pan-Amerika kadang-kadang digambarkan seolah-olah berlanjut melewati Amerika Serikat dan Kanada bagian barat sampai Alaska, tetapi kedua Negara ini tidak secara resmi memberi nama Jalan Raya mana pun sebagai bagian dari sistem Jalan Raya Pan-Amerika.
Tidak semua sayuran yang ditanam selalu digunakan sebagai bahan makanan. Namun. Orang Romawi dan Yunani Kuno menanam wortel yang mempunyai akar tipis dan liat. Mereka menggunakan bahan makanan ini sebagai obat , tetapi bukan sebagai makanan. Wortel mengandung karoten, suatu substansi yang digunakan oleh tubuh manusia untuk memproduksi vitamin A. Selain Wortel bawang merah juga memiliki sebuah pengetahuan yang belum kita miliki sebelumnya.
Beberapa sel ini mempunyai enzim di dalamnya , dan ketika sel itu terbuka karena teriris, enzim ini terlepas ke udara. Asam Amino adalah salah satu substansi yang terlepas, dan bentuknya berubah menjadi gas yang mudah menguap. Gas ini masuk kedalam mata kamu dan bereaksi dengan air yang membuat mata tetap lembab. Reaksi ini mengubah lagi bentuk zat tersebut, menghasilkan antara lain Asam Sulfat (belerang) ringan, yang membuat mata terasa pedih dan kita menjadi menangis. Ujung-ujung saraf dalam mata kamu amat sensitif dan memberikan reaksi terhadap iritasi ini. Itulah alasan mengapa mata kita pedih ketika mengiris-iris bawang merah. Otak bereaksi dengan memberi tahu saluran air mata kamu untuk menghasilkan lebih banyak air, untuk mengencerkan Asam yang membuat mata pedih sehingga mata terlindungi. Reaksi pertamamu mungkin adalah menggosok-gosok mata, tetapi ini sebenarnya akan membuat iritasi jauh lebih buruk. Tentu saja, karena tangan sudah terkena cairan dari bawang merah tadi. Bahasa yang digunakan dalam buku pengetahuan ini sangatlah mudah untuk dimengerti. Jadi keingi tahuan kita mengenai ilmu pengetahuan umum sudah terjawab dari buku pengetahuan ini.

0 komentar: